Archive | Uncategorized RSS feed for this section

2013 : Movies Odyssey

25 Feb

Tahun 2014 sudah hampir melewati 2 bulan, tapi blog ini belum ada update. hehe. Oke saya akan mengisi lagi, yah walaupun telat, seperti tahun lalu, saya akan memposting film-film yang sudah saya tonton tahun kemarin. Berikut adalah daftarnya.

No Film Tahun Nonton Nilai
1 Sin city 2005 05 Januari 2013 8 Frank Miller, Robert Rodriguez
2 Double Indemnity 1944 06 Januari 2013 8 Billy Wilder
3 The Lookout 2007 07 Januari 2013 8 Scott Frank
4 Yojimbo 1961 08 Januari 2013 8 Akira Kurosawa
5 Star Trek 2009 09 Januari 2013 8 J.J. Abrams
6 The hidden fortress 1958 10 Januari 2013 8 Akira Kurosawa
7 Bottle Rocket 1996 12 Januari 2013 7 Wes Anderson
8 High & Low 1963 13 Januari 2013 9 Akira Kurosawa
9 Rushmore 1998 14 Januari 2013 7 Wes Anderson
10 Sanjuro 1962 19 Januari 2013 8 Akira Kurosawa
11 Dredd 3D 2012 20 Januari 2013 8 Pete Travis
12 Throne of Blood 1957 26 Januari 2013 8 Akira Kurosawa
13 Airplane! 1980 29 Januari 2013 8 Jim Abrahams, David Zucker
14 Side by Side 2012 03 Februari 2013 9 Christopher Kenneally
15 Witness 1985 04 Februari 2013 8 Peter Weir
16 The Royal Tenenbaums 2001 05 Februari 2013 7 Wes Anderson
17 To Kill a Mockingbird 1962 10 Februari 2013 8 Robert Mulligan
18 Raiders of the Lost Ark 1981 12 Februari 2013 8 Steven Spielberg
19 Ikiru 1952 13 Februari 2013 9 Akira Kurosawa
20 Crazy, Stupid, Love 2011 16 Februari 2013 8 Glenn Ficarra, John Requa
21 Harakiri 1962 17 Februari 2013 8 Masaki Kobayashi
22 Django Unchained 2012 21 Februari 2013 8 Quentin Tarantino
23 Network 1976 22 Februari 2013 8 Sidney Lumet
24 Being John Malkovich 1999 23 Februari 2013 7 Spike Jonze
25 Carnage 2011 24 Februari 2013 8 Roman Polanski
26 The Matrix 1999 25 Februari 2013 9 The Wachowskis
27 On The Waterfront 1954 26 Februari 2013 8 Elia Kazan
28 Shadow of a Doubt 1943 04 Maret 2013 8 Alfred Hitchcock
29 Lincoln 2012 05 Maret 2013 7 Steven Spielberg
30 Taste of Cherry 1997 12 Maret 2013 8 Abbas Kiarostami
31 Premium Rush 2012 14 Maret 2013 7 David Koepp
32 The Lives  of Others 2006 15 Maret 2013 8 Florian Henckel von Donnersmarck
33 The Conversation 1974 16 Maret 2013 7 Francis Ford Coppola
34 The Deer Hunter 1978 17 Maret 2013 8 Michael Cimino
35 The Cat Returns 2002 18 Maret 2013 8 Hiroyuki Morita
36 The Master 2012 19 Maret 2013 7 Paul Thomas Anderson
37 Stalag 17 1953 22 Maret 2013 9 Billy Wilder
38 The French Connection 1971 26 Maret 2013 8 William Friedkin
39 American Beauty 1999 31 Maret 2013 8 Sam Mendes
40 The Birds 1963  1 April 2013 7 Alfred Hitchcock
41 Argo 2012 03 April 2013 8 Ben Affleck
42 In Bruges 2008 06 April 2013 8 Martin McDonagh
43 Hotel Rwanda 2004 07 April 2013 9 Terry George
44 Blue Velvet 1986 12 April 2013 7 David Lynch
45 Ice Age: Continental Drift 2012 13 April 2013 8 Steve Martino, Michael Thurmeier
46 Dawn of the Dead 1978 14 April 2013 8 George A. Romero
47 The Life Aquatic with Steve Zissou 2004 15 April 2013 7 Wes Anderson
48 Kick Ass 2010 17 April 2013 8 Matthew Vaughn
49 The Evil Dead 1981 26 April 2013 6 Sam Raimi
50 The Darjeeling Limited 2007 27 April 2013 7 Wes Anderson
51 Fantastic Mr. Fox 2009 28 April 2013 8 Wes Anderson
52 Samurai Rebellion 1967 30 April 2013 8 Masaki Kobayashi
53 Stand By Me 1986 01 Mei 2013 8 Rob Reiner
54 Evil Dead II 1987 02 Mei 2013 7 Sam Raimi
55 Army of Darkness 1992 03 Mei 2013 8 Sam Raimi
56 Alien 1979 08 Mei 2013 8 Riddley Scott
57 Moonrise Kingdom 2012 10 Mei 2013 7 Wes Anderson
58 Aliens 1986 11 Mei 2013 8 James Cameron
59 Up in the Air 2009 13 Mei 2013 8 Jason Reitman
60 Waltz with Bashir 2008 14 Mei 2013 8 Ari Folman
61 Jagten (The Hunt) 2012 15 Mei 2013 9 Thomas Vinterberg
62 Rango 2011 16 Mei 2013 8 Gore Verbinski
63 The Last King of Scotland 2006 17 Mei 2013 8 Kevin Macdonald
64 Midnight In Paris 2011 18 Mei 2013 9 Woody Allen
65 Silver Linings Playbook 2012 19 Mei 2013 8 David O. Russell
66 Who Framed Roger Rabbit 1988 23 Mei 2013 8 Robert Zemeckis
67 The Aviator 2004 25 Mei 2013 8 Martin Scorsese
68 Trainspotting 1996 29 Mei 2013 8 Danny Boyle
69 Gladiator 2000 01 Juni 2013 8 Riddley Scott
70 Saturday Night Fever 1977 04 Juni 2013 8 John Badham
71 Superbad 2007 06 Juni 2013 8 Greg Mottola
72 Unbreakable 2000 07 Juni 2013 8 M. Night Shyamalan
73 The Treasure of the Sierra Madre 1948 11 Juni 2013 8 John Huston
74 This Is Spinal Tap 1984 12 Juni 2013 8 Rob Reiner
75 The Elephant Man 1980 15 Juni 2013 8 David Lynch
76 Man of Steel 2013 20 Juni 2013 8 Zack Snyder
77 The Prestige 2006 21 Juni 2013 9 Christopher Nolan
78 The Terminator 1984 22 Juni 2013 8 James Cameron
79 Monsters University 2013 25 Juni 2013 9 Dan Scanlon
80 Barbara 2012 27 Juni 2013 9 Christian Petzold
81 Der Verdingbub 2011 28 Juni 2013 8 Markus Imboden
82 Terminator 2: Judgment Day 1991 29 Juni 2013 9 James Cameron
83 Man on the Moon 1999 30 Juni 2013 8 Milos Forman
84 The Station Agent 2003 02 Juli 2013 8 Thomas McCarthy
85 The Others 2001 05 Juli 2013 9 Alejandro Amenábar
86 21 Jump Street 2012 06 Juli 2013 8 Phil Lord, Chris Miller
87 Moneyball 2011 07 Juli 2013 8 Bennett Miller
88 Manhunter 1986 22 Juli 2013 7 Michael Mann
89 Pacific Rim 2013 24 Juli 2013 8 Guillermo del Toro
90 Easy A 2010 27 Juli 2013 7 Will Gluck
91 Breakfast at Tiffany’s 1961 28 Juli 2013 7 Blake Edwards
92 Read Beard 1965 31 Juli 2013 8 Akira Kurosawa
93 The Green Mile 1999 01 Agustus 2013 9 Frank Darabont
94 The Perks of Being a Wallflower 2012 02 Agustus 2013 7 Stephen Chbosky
95 Roman Holiday 1953 03 Agustus 2013 9 William Wyler
96 Almost Famous 2000 04 Agustus 2013 7 Cameron Crowe
97 A Prophet 2009 05 Agustus 2013 8 Jacques Audiard
98 Walk The Line 2005 06 Agustus 2013 8 James Mangold
99 Flags of Our Fathers 2006 07 Agustus 2013 9 Clint Eastwood
100 Letters from Iwo Jima 2006 09 Agustus 2013 9 Clint Eastwood
101 Into the Wild 2007 12 Agustus 2013 8 Sean Penn
102 The Twilight Samurai 2002 14 Agustus 2013 8 Yôji Yamada
103 Cloud Atlas 2012 15 Agustus 2013 8 Tom Tykwer, The Wachowskis
104 Amour 2012 16 Agustus 2013 7 Michael Haneke
105 Frankenweenie 2012 22 Agustus 2013 7 Tim Burton
106 Justice League: The Flashpoint Paradox 2013 23 Agustus 2013 8 Jay Oliva
107 Batman: The Dark Knight Returns, Part 1 2012 24 Agustus 2013 7 Jay Oliva
108 Top Secret: Wai Roon Pun Lan 2011 26 Agustus 2013 8 Songyos Sugmakanan
109 Batman: The Dark Knight Returns, Part 2 2013 27 Agustus 2013 8 Jay Oliva
110 The Descendants 2011 28 Agustus 2013 8 Alexander Payne
111 Batman: Year One 2011 29 Agustus 2013 9 Sam Liu, Lauren Montgomery
112 The Battle of Algiers 1966 30 Agustus 2013 8 Gillo Pontecorvo
113 Batman: Mask of the Phantasm 1993 31 Agustus 2013 8 Eric Radomski, Bruce W. Timm
114 Drive 2011 01 September 2013 7 Nicolas Winding Refn
115 Mr. Nobody 2009 05 September 2013 8 Jaco Van Dormael
116 Batman: Under the Red Hood 2010 07 September 2013 9 Brandon Vietti
117 In the Company of Men 1997 08 September 2013 7 Neil LaBute
118 Dawn of the Dead 2004 13 September 2013 8 Zack Snyder
119 Hotel Transylvania 2012 17 September 2013 7 Genndy Tartakovsky
120 Star Trek Into Darkness 2013 24 September 2013 8 J.J. Abrams
121 Young Frankenstein 1974 27 September 2013 7 Mel Brooks
122 Paranorman 2012 29 September 2013 7 Chris Butler, Sam Fell
123 The Year of Living Dangerously 1982 04 Oktober 2013 7 Peter Weir
124 The Insider 1999 05 Oktober 2013 8 Michael Mann
125 Syriana 2005 06 Oktober 2013 7 Stephen Gaghan
126 Gravity 2013 07 Oktober 2013 9 Alfonso Cuarón
127 Iron Man 3 2013 11 Oktober 2013 7 Shane Black
128 Buried 2010 15 Oktober 2013 8 Rodrigo Cortés
129 Tropic Thunder 2008 22 Oktober 2013 8 Ben Stiller
130 This Is the End 2013 23 Oktober 2013 6 Evan Goldberg, Seth Rogen
131 Batman 1989 25 Oktober 2013 8 Tim Burton
132 The Great Escape 1963 26 Oktober 2013 9 John Sturges
133 Amores Perros 2000 27 Oktober 2013 9 Alejandro González Iñárritu
134 Zodiac 2007 28 Oktober 2013 8 David Fincher
135 The Hunger Games 2012 30 Oktober 2013 7 Gary Ross
136 Beetlejuice 1988 31 Oktober 2013 8 Tim Burton
137 The Man from Nowhere 2010 02 November 2013 9 Jeong-beom Lee
138 The Way Way Back 2013 07 November 2013 7 Nat Faxon, Jim Rash
139 21 Grams 2003 13 November 2013 9 Alejandro González Iñárritu
140 Babel 2006 16 November 2013 8 Alejandro González Iñárritu
141 The World’s End 2013 23 November 2013 7 Edgar Wright
142 The Conjuring 2013 30 November 2013 8 James Wan
143 Y Tu Mamá También 2001 07 Desember 2013 6 Alfonso Cuarón
144 Despicable Me 2 2013 13 Desember 2013 8 Pierre Coffin, Chris Renaud
145 The Iron Giant 2013  28 Desember 2013 8 Brad Bird

Untuk tahun ini film yang saya tonton lebih sedikit 40 film dibanding tahun lalu. Kenapa bisa begitu? Karena tahun 2013 kemarin saya lebih banyak main game. Apalagi setelah bikin akun Steam dan beli game-game bundle, tambah semangat mainnya. Nonton filmnya jadi berkurang. Ditambah lagi tahun kemarin banyak menonton serial TV.  Seperti Game of Thrones, Hannibal, Arrow, Breaking Bad, Batman Animated Series, Twin Peak, dll.

Ada 2 sutradara yang filmnya paling banyak ku tonton, yaitu Akira Kurosawa dan Wes Anderson, masing-masing 7 film kutonton. Yang Jepang oke, yang satunya gitu deh. ga semua orang bisa senang filmnya Anderson.

Tahun kemarin tidak ada satu pun film yang ku kasih nilai 10. Entah kenapa ga ada yang sempurna. Tapi beberapa film yang saya rekomendasikan buat anda adalah untuk film yang rilis tahun 2013, Gravity (2013), sci-fi ga harus film yang lebay heri (heboh sendiri). Buat penggemar film horror bisa dicoba The Others (2001). Untuk animasi adalah Monsters University (2013). Sayangnya film ini ga dapat penghargaan utama sama sekali (nominasi aja enggak). Bahkan kalah rating sama Despicable Me 2 (2013). Mungkin nasib Monster University adalah kebalikan dari Brave (2012), film pixar setahun sebelumnya. Brave termasuk film overrated dan dapat Oscar.

Buat yang seneng drama tapi lumayan intens konfliknya, semacam A Separation (2011), coba tonton The Hunt (2012). Jika senang komedi romantis, ada film dari Woody Allen, Midnight in Paris (2011).

Saya juga merekomendasikan anda untuk menonton film-film Akira Kurosawa. Dua film Kurosawa yang saya suka adalah High and Low ( 1963) dan Ikiru (1952). Walaupun kata orang, film terbaik Kurosawa adalah Seven Samurai (1954), tapi aku belum ada waktu buat nonton (3.5 jam bro!!)

Bicara mengenai film berdurasi terpanjang, tahun kemarin tidak sepanjang tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya adalah Once Upon A Time in America ( 4 jam kurang dikit!!! ). Tapi tahun ini jarang nonton film puanjang, soalnya (sok) sibuk. Film terpanjang adalah The Green Mile (2000) dengan cuma 3 jam lebih dikit.

Dan film feature terpendek yang ku tonton adalah The Cat Returns (2002) dengan durasi 75 menit. Satu-satunya film Studio Ghibli yang kutonton sampai saat ini. Belum ada minat buat nonton yang lain. hehe..

Film tertua yang ditonton adalah film Alfred Hitchcock Shadow of a Doubt (1943), indonesia belum merdeka.

Aku kemarin jadi banyak baca & nonton segala tentang Hannibal Lecter, mulai dari novel, serial, dan filmnya. Ini dia buktinya. 😀

koleksi novel Hannibal

Yah itu dulu deh postingan kali ini. Nantikan kembali postingan yang sama ditahun depan. Kemungkinan film yang ku tonton lebih sedikit lagi, karena gameku bertambah banyak..hoho.

Mitos masa kecil

8 Dec

Pada suatu malam, setelah pulang dari makan, di jalan tiba-tiba saya melihat seekor kucing sedang ancang-ancang untuk melakukan ritual buang hajat di pinggir jalan. Dan seketika saya pun jadi teringat masa kecilku. Kalau ada kucing bersiap-siap dalam posisi itu, segera lakukan kaitkan kedua telunjuk kita sekuat-kuatnya untuk mencegah kucing itu melaksanakan kewajibannya. Dengan naifnya, karena masih kecil, saya pun percaya saja, dan melakukannya. Makin banyak anak2 yg melakukannya, maka akan makin kuat mencegah kucing membuang hartanya. Jd kami pun rame-rame mengaitkan telunjuk kami.

Semacam inilah

Berhentilah eek kau kucing sialan!!!

Anehnya kucingnya pun tidak jadi membuang artifak purbakalanya. Entah cara kami memang ampuh atau mungkin si kucing risih diliatin anak-anak kecil kurang kerjaan. lol

grumpy

Saya pun jadi teringat mitos-mitos aneh masa kecil yg lain. Masa kecil saya dihabiskan di kota kelahiran saya di Samarinda. Di lingkungan tempatku dulu, terdiri dari beragam suku, agama, dan spesies yang kebanyakan adalah pendatang dari daerah lain. Di dominasi oleh jawa, madura, banjar, bugis. Maka saya tak tau dari mana asal mitos2 ini. Karena sudah membaur jadi satu dari beragam suku. Berikut ini adalah beberapa mitos yg dulu saya percayai dan kalo diinget-inget sekarang, mau2nya aku dulu dibodohi orang2. haha

Continue reading

Front Page

11 Jul

Kalau kita lihat di Firefox 13, ketika kita menekan new tab maka akan tampil kotak 3 x 3 yang menampilkan situs-situs yang sering kita kunjungi. Entah mulai firefox berapa fitur ini ada. Ini adalah screenshot dari firefox di komputerku.

my front page

Kalau diurut dari kiri atas ke kanan bawah, maka web yang sering kukunjungi adalah

#1 adalah situs dokumentasi dari Unity 3D. Beberapa hari ini sedang mengerjakan sesuatu yang menggunakan software ini.

#2 adalah facebook, kalau ini tidak usah ditanya, mayoritas orang dunia menghabiskan waktunya di situs ini :p

#3 adalah 9gag, situs humor rage comic, meme, advice animal, dll yang sedang populer di Indonesia walaupun sebenarnya kalau di dunia tidak sepopuler web-web sejenis. Malah web ini banyak yg ga senang karena gambar2nya kebanyakan repost dari web tetangga sejenis.

#4 adalah gmail. Emailku pake gmail.

#5 adalah google reader. Web based Rss Reader. Kalau ada yang belum tau fungsi RSS, intinya kita langganan berita atau postingan suatu web. Jadi kalau suatu web baru membuat post baru, maka kita bisa langsung membacanya di RSS reader tanpa harus mengunjungi web tersebut. Tapi ga semua post bisa kita baca langsung di reader, soalnya kadang ada web yg tidak menampilkan keseluruhan isi post. Jadi ya harus ke webnya.

#6 ini web internal buat nyeting router wifi. Biasanya kalau ada yang ga beres sama koneksi internet, langsung ngeceknya kesini. hehe

#7 adalah reddit. Ini adalah web agregator, yang berisi kumpulan link-link web lain. Tapi juga memiliki fungsi seperti diskusi juga. Web ini lebih populer dibandingkan #3. Tapi kalau di Indonesia, #3 yg lebih populer. Salah satu hal yang membuat 9gag dibenci adalah kebanyakan materinya dicomot dari web ini. Ketika ada yang populer disini, maka dia akan muncul juga di 9gag.

#8 adalah berita sepakbola detik. Sebenarnya dulu, kalau pengen baca berita sepakbola, lebih lengkap di http://goal.com. Tapi berhubung mengetik kata “detik” lebih cepat dibanding “goal”, maka malah sering ngunjungi web ini. Kenapa lebih cepat, karena untuk mengetik 3 huruf awal (det) kita hanya perlu menggunakan tangan kiri dimana tangan kanan sedang memegang mouse. Berbeda ketika ingin mengetik kata (goa) yang harus menggunakan 2 tangan, atau kalau pengen 1 tangan kiri, tangan kiri kita harus agak sedikit membutuhkan energi lebih untuk mengetik huruf “o” yang mana huruf ini adalah areanya tangan kanan. (halah memang aslinya males) Ini juga kenapa dengan gampangnya aku masuk ke facebook, karena huruf “face” semuanya ada di area tangan kiri. (apalagi kalo pikiran kosong, tangan tiba2 gerak sendiri mengetik “face” hehe)

#9 adalah youtube. Web isinya video-video. Biasanya kalau lagi denger lagu bagus, pengen nyari video klip atau konsernya langsung kesini. Atau nyari referensi animasi dan tutorial. Tapi kalau nyari referensi animasi sih lebih enak di vimeo. Kalau kuantitas menang youtube, kalau kualitas menang vimeo.

Sekian.

The Kanza

15 Jun

Di usia 20an awal seperti saya sekarang ini, ada beberapa hal bisa dilakukan. Beberapa orang masa-masa ini adalah masa terproduktif dalam berkarya. Ada juga yg awal merintis karir di perusahaan idaman. Ada juga yg melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Beberapa teman berkelana ke luar negeri untuk memperoleh ilmu dan pengalaman yang tidak didapat di negeri sendiri. Tapi tidak sedikit juga yang memutuskan untuk lanjut ke jenjang pernikahan. huehehe. Biasanya yg memutuskan nikah diusia 20an awal kebanyakan dari pihak wanita. Kalau pria mungkin menunggu pertengahan 20-an sampai 30-an untuk mempersiapkan beberapa hal.

Nah tapi saya bukan ingin membahas pernikahan karena ilmu saya tidak sampai. lol. Beberapa teman saya yg menikah muda, akhir2 ini sudah banyak yang mempunyai momongan. Cuma ada beberapa hal yang sedikit membuat penasaran. Yaitu nama yang diberikan ke bayi mereka. Nama yang dimaksud adalah kanza, khansa, atau sejenisnya.

Awal ceritanya begini, Ucup ngomong kalau mbaknya sebentar lagi akan melahirkan. Dan akan diberi nama bla..bla..bla (lupa, yg jelas ada kanza-nya). Beberapa hari kemudian, teman satu kampusku, Puspita mengundang syukuran aqiqoh. Dan siapa nama bayinya? Kanza rizqo as’ari. Waktu disitu ga terlalu heran. Cuma serasa de javu sama nama Kanza. Lama-lama jadi inget, ternyata sama dengan nama bayinya mbaknya ucup.

Beberapa hari kemudian, halaman depan facebookku penuh dengan foto-foto bayi. Mulai teman kuliah, SMA, sampai dari teman komunitas. Ini kok bisa barengan sih melahirkannya? lol. Iseng-iseng ngliatin satu per satu foto-foto baby-baby. Muncul lagi lah nama Kanza di bayi teman SMAku, Ayuna. Maka pengeksploran semakin gencar mencari bayi-bayi sehat. Ketemu lagi, di bayinya mbak seniorku di kampus, mbak Rahma.

Kenapa ini? Kenapa nama ini jadi populer sekarang? Seumur-umur aku belum pernah punya teman ataupun denger nama kanza.Ada yang mengerti arti nama ini?

Tambahan :

  • Karena terlalu populernya nama ini skarang, mbaknya Ucup ga jadi memberi nama ini.
  • Beberapa hari yg lalu saya memosting tentang lagunya Jessie J. Ucup kemudian bilang, “lagu ini dinyanyiin kontestan Indonesian Idol, tapi langsung dieliminasi. Namanya Kanza” lol

money..money..money

7 Jun

Dalam beberapa hari ini ada satu lagu yang stuck di kepalaku dan ribuan kali ku ulang2 disetel di music playerku. Lagu itu adalah

liriknya yang “money..money..money”, “cha-ching, cha-ching, ba-bling, ba-bling” trus terngiang-ngiang dikepala. Maksud lagu ini adalah hidup bukan cuma sekedar uang. Memang di era kapitalisasi yang menguasai dunia sekarang, semuanya serba diukur dengan uang. Walaupun pada kenyataannya kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang.

Lagu ini pertama kali denger waktu di kosnya kotak 2 minggu yang lalu. Pertamanya ga terlalu merhatiin waktu kotak nyetel lagu ini. Soalnya lagu2 di playlistnya kotak random, mulai dari cadas sampai alay melayu ada. Dan kotak kalo nyanyi mesti dibuat-buat seolah-olah dia merasa dirinya John Meyer padahal kenyataannya ga beda sama bejana erlenmeyer. Lalu waktu diajak kotak ke Taman Anggrek, pas liat orang2 maen esketing, mallnya lagi nyetel lagu ini. Kumat lagi kotak nyanyi2 dan aku tetep aja cuek.Masak aku duet nyanyi sama kotak, ntar dikira …

gaaaaayyyy

Beberapa hari kemudian, ketika shopping kebutuhan sehari-hari (lol) di THR, ada penjual LCD yang nyetel lagu ini. Maka lagu ini pun menanam bibit virus di otakku. Makin lama makin penasaran, ku tanya lah sama kotak, “lagu yg kemaren itu judulnya apa?”

Maka setelah tau judul, dengan kecepatan bagai kilat, dengan semangat membara kubukalah youtube. Dan akhirnya bibit virus itu tumbuh dan menjangkiti otakku.

Tukang Ngelamun

15 Apr

Sebelum pada post intinya, akan saya tulis beberapa patah kata pembuka 😀 Ini adalah postingan pertama di blog saya yang isinya adalah cerpen yang saya buat. Jadi pada awal mulanya, cerpen ini rencananya diikutkan lomba penulisan cerita pada sebuah lomba. Lomba tersebut ada 2 tahap, pertama lomba penulisan naskah dan lomba animasi dengan menggunakan cerita dari lomba naskah. Namun akhirnya saya tidak jadi ikut walaupun sudah membuat ceritanya.

Ada beberapa alasan kenapa saya ga jadi ikut. Lomba penulisan naskah cerita ini pada awalnya tidak membatasi pesertanya untuk membuat ceritanya dalam format apa. Mau cerpen ataupun screenplay tidak masalah. Maka saya menulisnya dalam bentuk cerpen karena kalau screenplay sudah terlalu teknis. Masalah timbul karena ternyata saya baca-baca, minimal halaman adalah 15. Padahal cerita yang saya buat 3 halaman. Dan ini tidak dapat ditawar. Oh god why?? Sungguh tidak masuk akal, padahal naskah ini digunakan untuk animasi pendek maksimal 2 menit.

Panitia pun menjawab protes ini dengan jawaban yang menurut saya kurang memuaskan. Kata mereka, ini akan memberikan keleluasaan animator untuk memilih potongan2 cerita dari naskah 15 halaman tersebut. Percuma dong buat panjang-panjang kalau cuma diambil beberapa potong dan itu pasti akan menghilangkan esensi ceritanya secara utuh.

Akhirnya saya mengalah dan berusaha membuat 12 halaman yang kurang. Lebar spasi dibesarin, margin-margin uda diketatin, basa-basi ga penting ditambah. Hasilnya cuma nambah 2 halaman. -_-” Dan akhirnya saya pun menyerah ketika tau bahwa format naskahnya adalah screenplay. Ini menambah keanehan sebelumnya. Harusnya yang mengerjakan screenplay adalah orang yang terlibat pembuatan animasi karena di screenplay menjelaskan hal-hal teknis seperti posisi kamera dan properti. Padahal 2 lomba ini kan terpisah. Maka ini sama aja membatasi 2 pihak. Pertama si penulis cerita jadi ga fokus nulis ceritanya, karena harus belajar cara menulis script yang benar, si pembuat animasi jadi terbatas kreativitasnya.

Bingung? Mungkin saya kasih contoh kasusnya adalah salah satu film terbaik sepanjang masa, The Godfather. Film ini adalah adaptasi novel dengan judul yang sama karangan Mario Puzo. Tapi didalam credit filmnya, penulis di film ini ada 2, yaitu Mario Puzo sebagai penulis asli, dan Francis Ford Coppola sebagai penulis screenplay sekaligus sutradara. Si penulis screenplay inilah yang menerjemahkan bahasa novel ke dalam format film. Ibaratnya klo di lomba ini, harusnya peserta lomba naskah adalah si Mario Puzo, dan penulis screenplay adalah ya salah satu anggota pembuat animasi karena mereka lah yang lebih tau cara membuat animasi.

Ini adalah pendapat saya lho, kalau saya salah kan bisa saja. Mungkin saya kurang teliti membaca peraturan. Aduh mungkin terlalu panjang basa-basinya, mungkin para pemirsa uda tidak sabar ingin membaca cerita. Oke langsung saja ke topik utama. Ini dia cerpen pertama saya di blog ini.

Continue reading

Buried Alive

20 Feb

Anda terbangun dari tidur. Anda sudah membuka mata namun tidak cahaya yang tertangkap mata anda. Semuanya gelap. Anda mencoba menutup dan membuka mata anda, namun tidak ada perbedaan. Tetap hitam, gelap. Apakah anda mengalami kebutaan? Namun, kegelapan total bukan hanya satu-satunya masalah anda sekarang. Karena anda juga tidak bisa bernapas sekarang. Berapa lama lagi anda dapat bertahan tanpa oksigen yang masuk ke tubuh anda. Mungkin anda pernah diberitahu oleh teman anda yang belajar di kedokteran, bahwa orang bisa meninggal sekitar 5 sampai 15 menit karena asfiksia. Tidak perlu menunggu 15 menit, 1 menit saja anda sudah tidak kuat kalau disuruh menahan nafas.

Anda bertanya dalam hati, kenapa saya buta dan tidak bisa bernafas. Anda mencoba menggerakkan tangan dan kaki anda. Sesegara mungkin memastikan dimana anda sekarang. Tubuh anda bisa bergerak, tapi tidak leluasa karena ada sesuatu yang menghalangi. Anda mencoba berontak agar bisa terlepas dari siksaan ini. Dan anda menyadari bahwa anda sedang dikubur hidup-hidup.

Continue reading