Archive | film RSS feed for this section

Makintau : Chaplin Hitler

15 Apr

Hari ini tanggal 16 April. Artinya hari ini adalah ulang tahun seorang legenda dunia.

Charlie_Chaplin_circa_1916

Who is this?

Kalau foto diatas mungkin sedikit yg kenal. Bagaimana kalau ini?

The Tramp

The Tramp

Dia adalah tokoh paling ikonik di era film bisu, The Tramp, yang diperankan oleh Charlie Chaplin. Walaupun mungkin kalian belum nonton filmnya yang jadul banget itu, tapi setidaknya kalian pernah tau karakter ikonik ini. Dengan ciri khas kumis bergelora dengan jas kekecilan, celana kebesaran, dan tongkat kayu.

Ngomong-ngomong tentang kumis, ada satu orang lagi yang punya kumis bergelora.

tumblr_mxlmbs4Ru31sbipmqo1_500

Dia adalah Adolf Hitler, sang diktator. 

Dua orang yang kelihatannya jauh berbeda bidang & dunia ini sebenarnya punya beberapa fakta menarik (selain kesamaan kumis). Mereka lahir di hari yang berdekatan. Chaplin di tanggal 16 April 1889 dan Hitler lahir 4 hari kemudian 20 April 1889. Selamat ulang tahun juga buat Sang Diktator!

Chaplin pernah membuat parodi tentang Hitler. Berjudul The Great Dictator. Film ini adalah film “talkie” pertama Chaplin dan merupakan film paling sukses dia secara finansial. Film ini adalah film Chaplin favorit saya. Walaupun ini bukan film terbaiknya, tapi bagi saya ini adalah film terlucu Chaplin.

The Great Dictator (1940)

The Great Dictator (1940)

Film The Great Dictator ini bisa dibilang lumayan berani. Dia berperan sebagai 2 orang sekaligus yaitu diktator bernama Adenoid Hynkel (parodi Adolf Hitler) dan seorang tukang cukur yang mirip sang diktator. Juga ada parodi dari diktator Italia, Benito Mussolini bernama Benzino Napaloni, diktator Bacteria (parodi Italia).

Parah banget film ini. Chaplin menggunakan logat Jerman yang sebenarnya ga ada artinya apa-apa. Sekedar sok2an ngomong Jerman. Bagi yang belum nonton film ini, wajib ditonton nih. Endingnya spektakuler!

 

Selamat ulang tahun Chaplin & Hitler!

Dua tokoh besar beda nasib

Dua tokoh besar beda nasib

Advertisements

Joseph Gordon-Levitt (2)

20 Oct

tulisan ini adalah kelanjutan dari tulisan sebelumnya.

Ga terasa uda 4 bulan dari postingan sebelumnya. Ini gara-gara saya lupa kalau tulisan ini belum dipublish. :p

Di tulisan sebelumnya sudah ada beberapa film yg dibintangi JGL yaitu (500) Days of Summer, Inception, 50/50, 10 Things I Hate About You, Brick. Mari di lanjutkan. Dibagian kali ini ada 4 film dia di tahun 2012 kemarin yg semuanya sudah kutonton, 2 sebagai karakter utama, 2 sebagai karakter pendukung. Di tambah lagi ada 2 film ketika masih main di film-film indie.

6. The Dark Knight Rises (2012)

Pada tulisan saya sebelumnya pernah membahas film ini. Jadi pembahasan yang ini tidak panjang. Kali ini JGL berperan sebagai polisi yang bersih bernama John Blake. Karakter baru yang tidak ada di komiknya. Karakter yang membuat orang-orang bertanya, siapa dia sebenarnya, sampai-sampai jadi tokoh penting di film ini.

7. Lincoln (2012)

Sesuai judulnya, film ini bercerita tentang biografi salah satu presiden USA terpopuler di dunia karena peran beliau dalam membasmi vampir yang melanda Amerika. Ups.. itu sih film Lincoln yg lain . Film Lincoln yang ini disutradarai oleh sutradara kondang Stephen Spielberg dan aktor kenamaan Inggris Daniel Day-Lewis sebagai Lincoln. Bercerita tentang usaha beliau dalam menghapuskan perbudakan di Amerika Serikat.

Ketika menonton film ini, ada harapan untuk mendapatkan informasi tentang sejarah tersebut. Namun yang saya dapat adalah kebingungan. Yang membuat kecewa film ini adalah film ini tidak cocok untuk ditonton orang yang sama sekali buta sejarah amerika. Saya sendiri bingung menganggap film ini bagus apa jelek. Tapi yang jelas ketika menonton pertama kali adalah bingung. Ku kira sampai ending akan ada pencerahan, tapi malah tambah bingung. Saya sendiri tidak paham sama sekali sejarah perbudakan ini. Mungkin akan sedikit berbeda penilaiankanku kalau sedikit paham sejarah Amerika.

Contoh film biografi yang bagus adalah Raging Bull . Anda tidak perlu tau siapa itu Jake LaMotta untuk dapat menikmati film ini. Pasti ga ada yang kenal Jake LaMotta kan? haha.. Kalau mau tau, tonton aja film ini, salah satu masterpiecenya Martin Scorsese.

Lalu dimana JGLnya? JGL di film ini berperan sebagai anaknya Lincoln. Film ini membuat Daniel Day-Lewis sebagai orang pertama yang bisa menang Oscar kategori Best Actor 3 kali.

8. Looper (2012)

Kalau di 2 film yang dibahas sebelumnya JGL cuma jadi pemain pendukung, di film-film selanjutnya yg akan dibahas JGL sebagai tokoh utama. Looper adalah film sci-fi yang disutradarai oleh Ryan Johnson yang juga menyutradarai film JGL sebelumnya, Brick. Bersetting di masa depan, dimana perjalanan menjelajah waktu telah ditemukan tetapi ilegal. Jadi teknologi mesin waktu ini digunakan oleh sekelompok kriminal bernama Looper, untuk mengirim orang ke masa lalu dan membunuhnya di masa itu. Jika seorang looper pensiun, maka dia juga akan dikirim dari masa lalu untuk dibunuh oleh dirinya sendiri atau disebut closing the loop.

Kalau bermain dengan film bertema mesin waktu akan menimbulkan keruwetan tersendiri. Karena setting cerita film ini bercampur maju mundur maju. JGL akan berhadapan dengan dirinya sendiri dari masa depan yang diperankan oleh Bruce Willis. Di film ini JGL didandani agar mirip versi muda dari Bruce Willis. Tapi menurutku make-upnya agak sedikit aneh dan kurang konsisten sepanjang film.

looper-bruce-willis-joseph-gordon-levitt

9. Premium Rush (2012)

Demam gowes memang sedang melanda dunia, terutama sepeda-sepeda fixed gear atau fixie. Kali ini JGL berperan sebagai kurir pengantar barang bersepeda di New York. Jadi semacam TIKI atau JNE tapi pengantarnya menggunakan sepeda. Namun pada ketika, ada seorang polisi korup yang menginginkan salah satu barang yang diantarkannya. Apa maunya si polisi ini?

Yang senang sama gowes kemungkinan besar akan senang sama film ini. Film ini menyuguhkan JGL kejar-kejaran menggunakan sepeda fixie. Bisa dibilang ini film yang bagus dalam presentasi atau style tampilan tapi jelek dalam alur ceritanya. Aku pernah baca suatu berita, bahwa kata penulis ceritanya film ini dibuat untuk sekedar fun aja tanpa plot yang berat. Jadi film ini cocok buat yang seneng film action terutama yang berhubungan dengan sepeda karena memang gaya actionnya lumayan keren.

10. The Lookout (2007)

Kali ini JGL berperan sebagai pemuda yang mengalami kecelakaan di masa mudanya yang hedon & hura-hura. Yang menyebabkan teman-temannya meninggal. Sekarang JGL berusaha hidup normal sebagai petugas cleaning service di suatu bank. Tapi cerita dimulai ketika beberapa gerombolan perampok mengajaknya merampok. Untuk film yang ini aku agak lupa-lupa ingat, hehe.. Tapi tonton aja, lumayan kok.

11. Mysterious Skin (2004)

Film ini ditaruh terakhir soalnya ini film JGL yang paling “wow”. Kenapa wow? Karena menurutku film ini yang paling spektakuler. Bukan spektakuler karena film big budget dengan full action, tapi karena ini film indie dengan tema gay. Kali ini JGL memerankan seorang gay. Untuk yang homophobic saya sarankan untuk tidak menonton film ini karena banyak hal-hal disturbing didalamnya. Apalagi ratingnya adalah NC-17, rating level paling dewasa di bawah rating xxx.

Film ini menceritakan hidup 2 orang pemuda dan masa lalu mereka yang sama-sama tidak menyenangkan. Pertama adalah Neil McCormick (JGL) sebagai seorang gay yang bekerja sebagai semacam PSK khusus gay. Kedua adalah Brian Lackey (Brady Corbet) sebagai anak kecil yang mempunyai memori masa lalu yang tidak jelas tentang penculikan dirinya oleh alien. Brian berusaha mencari kebenaran dibalik peristiwa itu apakah benar atau hanya distorsi memori. Penyelidikan Brian akhirnya menuntunnya pada teman masa kecilnya Neil dan berharap menemukan jawaban masa lalunya.

Joseph Gay Levitt & young Bill Gates

Joseph Gay Levitt & young Bill Gates

Ke-disturbingan film ini terletak pada hidup Neil sebagai PSK. Beberapa kali dia harus melayani konsumennya yang rata-rata pria dewasa usia 40-50. Terkadang sampai ada yang brutal. Kemahoannya sebenarnya sudah tampak dari dia kecil. Bahkan di masa kecilnya dia sudah melakukan hal-hal begitu pada temannya yang lain. Uniknya, kata sang sutradara, dia mengarahkan aktor cilik dengan pengarahan yang berbeda dan tidak tampak seperti suatu kegiatan seksual. Namun karena teknik editing lah, jadinya bisa kelihatan seperti itu.

Mysterious-Skin

bukan film keluarga

Gara-gara film ini aku jadi mempertanyakan orientasi JGL. Apakah straight atau gay? Kemisteriusan ini bertambah karena biasanya di profil wikipedia suatu artis, ada penjelasan siapa saja yang pernah berhubungan dengan suatu artis. Namun untuk JGL tidak ada berita dia pernah dekat dengan seorang wanita. Entahlah…

Nah itu tadi film-film JGL yang sudah sempat aku lihat. Untuk tahun 2013 ini, dia hanya membintangi 1 film, yaitu Don Jon yang rilis bulan September ini. Ini adalah film pertama dia sebagai sutradara. Sepertinya tidak akan tayang di Indonesia. Di film ini JGL berperan sebagai pecandu film porno. Mungkin masih lama bisa menonton film yang ini. Di antara semua filmnya, yang saya sarankan untuk anda tonton adalah Mysterious Skin. Karena selain ke-gay-annya yang bikin shock, cerita dan endingnya pun bikin shock & terror. *lebay* Selamat menonton!

 

Joseph Gordon-Levitt (bagian 1)

16 Jun

Seperti pernah saya bilang pada postingan sebelumnya, dalam menonton film saya cenderung lebih melihat siapa yang jadi sutradaranya daripada siapa yang jadi aktornya. Karena pengaruh sutradara thd bagus enggaknya film lebih besar daripada peran si aktor. Tapi biarpun gitu, tapi saya tetep punya aktor favorit. Sesuai sama judul postingan kali ini, Joseph Gordon-Levitt.

gambar nyolong dari imdb.com

gambar nyolong dari imdb.com

Tapi klo dibilang fans, sebenarnya enggak juga. hehe. Klo kuingat-ingat, film dia ini yang paling banyak kutonton selama beberapa bulan kemarin. Entah alasannya kenapa, tapi sepertinya penasaran karena dia sedang naik daun di tahun 2012 kemarin. Apa mungkin juga gara-gara tampang innocent dan friendly. hehe. Atau bisa jadi karena tanggal lahir kami yang deketan, 17 februari dan 15 februari. *mekso*. Ah kenapa tidak ada orang terkenal yang tanggal lahirnya sama kayak aku ya? Dulu pernah seneng sama mantan pemain Inter, Adriano, itu pun juga lahirnya 17 Februari.

Berikut ini adalah film-film dia yang sudah kutonton. Ada yang jelek ada bagus sih. Tapi untungnya banyak yang bagus.

Continue reading

Evil Dead & hikmah

12 May

Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas sedikit tentang franchise 3 film Evil Dead buatan Sam Raimi. Dibalik film yang gila itu, sebenarnya ada hikmah yang bisa kita ambil buat jadi pelajaran dan motivasi bagi sedang mengejar mimpinya. Sebenarnya postingan ini rencananya jadi satu sama postingan sebelumnya. Tapi sepertinya lebih baik dipisah saja biar tidak campur-campur bahasannya. Oke daripada kebanyakan cincong, mari kita ke topik yang telah ditunggu-tunggu masyarakat se-Indonesia Timur.

Sebelum shooting film The Evil Dead, sang Sutradara muda Sam Raimi baru saja menginjak usia 20 tahun. Dia yakin proyek film pertamanya ini adalah milestone/fase penting dalam hidupnya atau orang bule nyebutnya Rite of Passage. Dan seperti diketahui sekarang, film itu tak disangka bisa sukses meraup uang kurang lebih $2.4 juta dengan modal $350ribu. Dan dia sekarang menjadi sutradara hollywood terkenal, salah satu (3 sih) film yang paling terkenal buatannya adalah Spiderman 1,2,3. Walau dia bukan sutradara favoritku, tapi ada beberapa cerita menarik dibalik perjuangannya menuju kesuksesan.

Continue reading

Nostalgia & Evil Dead trilogy

12 May

Saya senang menonton film-film lawas yang bagus dan tak lekang dimakan jaman :P. Tapi film lawas yang ga bagus pun ga masalah, asal dia punya nilai nostalgia. Nilai nostalgia disini maksudnya adalah film lawas yang ditonton waktu masih kecil. Walaupun menonton film Chaplin buatan 1920-an, tapi klo nontonnya masih 2 atau 3 tahun lalu, blum bisa dikatakan nostalgia.

Film lawas ini kebanyakan saya tonton di tivi. Ketika mulai booming VCD menjelang pergantian milenium, mulai jg menonton dari VCD asli maupun bajakan. Sampai tahun 2009 saya belum sekalipun nonton di bioskop. Film yang ditonton mulai dari film hollywood, bollywood, Indonesia, Hongkong, sampai film vampir mandarin. hehe..

Di era internet skr ini dimana kita dapat dengan mudah mencari film ilegal , saya berusaha mencari film-film lawas yang saya tonton ketika masih SD atau sekitar dibawah tahun 2001. Untuk mengingat kembali film-film itu gampang-gampang susah. Klo film populer semacam The Matrix, Godzilla, Speed, Titanic, Star Wars, dll sih gampang ingat dan carinya.

Tapi ada beberapa film yang saya lupa/ga tau judulnya tapi masih ingat detail cerita filmnya. Biasanya film semacam ini saya tonton di tipi, di Layar Emas RCTI (jaman itu) malam-malam. Film ini bukan film big budget super popular semacam film yang disebutkan sebelumnya. Film-film ini adalah film cult.

Bagi yang belum tau film cult itu apa, secara simple definisinya adalah film yang ga mainstream, cenderung bukan film yang disukai selera pasar yang lagi ngetrend waktu itu. Tapi walaupun yg suka dikit, tapi film cult biasanya punya fans yang loyal.

Nah film yang saya maksud tau ceritanya tapi lupa judulnya adalah Army of Darkness. Film ini ku tonton ketika masih SD. Karena antusiasnya, besoknya setelah menonton film ini, saya pun menceritakan film ini ke teman-teman dan ga ada yang nonton ternyata. Mungkin karena film ini di tayangin malam-malam. Sampai beberapa tahun ke depan, film ini terus membayangi karena ga tau judulnya.

Keyword dari film ini adalah seorang pria yang terjebak ke masa lalu, di abad pertengahan. Menghdapi monster-monster untuk mendapatkan book of the dead agar dapat kembali ke masa sekarang. Dan tentu saja yang paling ikonik dari karakter utama Ash adalah chainsaw di tangan kanan dan shotgun di tangan kiri.

ash_williams

Ashley J. “Ash” Williams

Beberapa bulan lalu saya baru tau judul film ini, setelah ada seorang teman nge-share link tentang film-film cult. Dari beberapa sinopsis film, ada film yang mirip ciri-ciri yang aku ingat. Dari penjelasan di situ, aku baru tau ternyata ini adalah film ketiga dari trilogi Evil Dead. Nama yang tidak asing. Soalnya di bioskop sedang tayang remake dari film yang pertama, yaitu Evil Dead.

Maka saya pun membeli mendownload 3 film sekaligus (The Evil Dead, Evil Dead II, Army of Darkness) biar mengerti seluruh jalan cerita, walaupun yang pingin ku tonton cuma Army of Darkness. Semua film ini disutradarai Sam Raimi, si sutradara Trilogi Spiderman. Franchise ini mengangkat nama Sam Raimi menjadi terkenal. Continue reading

Review film Nolan (3) – The Dark Knight

23 Mar

Ini adalah bagian terakhir dari 2 tulisan sebelumnya yaitu tulisan pertama dan kedua. Dan film Nolan favorit saya no 1 adalah jeng..jeng..jeng.. The Dark Knight. Bagi yang belum tau apa itu The Dark Knight (TDK), TDK adalah film batman. Film pertama Batman yang tidak mencantumkan kata Batman di judulnya. Film kedua dari The Dark Knight Trilogy. Kenapa film ini keren? Film ini adalah film superhero terbaik sepanjang masa menurutku dan menurut rating IMDB. Dulu sebelum era Batman versi Nolan, film superhero hanya film popcorn terutama cuma jadi tontonan anak-anak, tapi berkat film ini, Academy Awards pun mau ga mau harus melirik film ini. Dan film ini lah, film superhero yang pertama kalinya bisa memperoleh Oscar di kategori acting, yaitu Best Supporting Actor. Aktor inilah membuat film ini lebih hidup. Siapa lagi kalo bukan..

Why So Serious?

Why So Serious?

Continue reading

Review film Nolan (2)

13 Mar

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya. Sebelumnya telah saya bahas The Prestige, Insomnia, Following, Batman Begins. Mari saya lanjutkan review film-film Nolan yang lain.

Continue reading